Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Curhat’ Category

Ed. note some links provided are in Indonesian language

 

Looking back in my life, I was ever a person who, in many occasions, despised people who acted high-and-mighty in their belief. I am talking about religion-fundamentalism and such in this case, should you wonder what this post is all about.

Back then, I wouldn’t stay at ease when people tended to, at the lowest degree, differed treatment basing on religion preference. Being Muslim by birth, it was easier for me to find hole and criticize the circumstance I was in. I criticized the idea of muslims being given two weeks holiday for Idul Fitri in Indonesia, while at the other hand we only had one single day allocated for Christmas and Nyepi[1]. I bashed the (said-to-be) conservatism that muslims shouldn’t send any greetings as other religions hold their holy celebrations[2] — while, at the same time, everybody greeted us for Eid Mubarak[3], and so on.

Hearing about the 2002 Bali Bombings only made it worse; and studying the history of Crusades dismayed me beyond what I would have imagined before then. In fact, I dissented quite many things as well — though many of them were directed to the religion’s followers’ attitude, rather than to the fundamental faith about God himself.

At this point you may think that I was against my religion and tend to others’, no? Mind you, perhaps, but that’s not what happened. 😉

In fact, I didn’t like the other religions’ followers’ attitude as well. Of course it would be unfair to generalize, but I’ll go with examples here. Anybody knows coercive missionary action in Indonesia[4]? Israel using Zion sentiment to invade Palestinians’ land? Anybody likes Pat Robertson? And so on, and so on.

Religions, as I looked at it back then, were all miserable. Say it Muslim world, Christendom, Judaism, or else. People hate, people kills, and became stupid altogether.

Who forged data for 6000-year creationisms, huh? Christian fundies. Who spread hoaxes concerning evolution? Harun Yahya, a muslim zealot. Who condemned the scientists accepting Heliocentrism? BOTH. Either it is Syaikh[5] or Pope[6], things are just the same. 😎

***

For some times, I used to be like that. Seeing the followers’ attitude and quality, I started to lower my expectation towards religion in general. Still, I didn’t let go of my faith — in fact, I just lessen my tendency to follow its rules strictly. Perhaps you can say it as a form of agnostic theism.

And so I continued it that way. Proud of being agnostic, I stood over the gnash-and-claw people have over the sake of God’s name. Laughing at them and their lunacy, whereas they fought in the name of The Loving, Merciful God. I enjoyed contempting them for many things — their rejection of science, their hatred to other religions, etc, etc. When their fallacious argument came out, it only made things funnier (and bitterer) than ever: that the utmostly-intelligent Being was ‘protected’ by a bunch of fools.

 

II. Interlude

Back then, I thought it was fun to win a discussion over a religious zealot. I mean, it was priceless to see them swallowed in the gulf of their logic. They wouldn’t admit it, but they couldn’t deny the argument that they are somehow misled in their belief. It’s like a jester of debunking falsed belief — you can see they’re losing control and spurting the afterlife threat. Such things like that.

Though, there is something more to agnosticism than only that — something that I wouldn’t realize until just recently.

 

III. On Theology

Some months ago, I spent some moment thinking about theological matters. Is there God or not? Is there afterlife? What if it’s not like what people believe? Is choosing religion a kind of lottery? And so on.

However, it would only end with one conclusion — as I have written down in [this post] (in Indonesian). Theology can’t be verified nor falsified. It lacks of experimental standard of observation[7], something which would make any debate concerning its truth meaningless. Anyone can win any debates about religion and theology in general, but they can never say that they hold the absolute truth. Just like everybody in town discussed about Chinese Emperor’s nose — an analogy I used in the post aforementioned — getting the conclusion doesn’t mean that you’re obtaining the real truth.

 

IV. The Shrinking Pride

And that leads to the path of agnosticism. Being unable to know what lies ahead our life, I embraced the concept that is most satisfying, most logical, and most consistent I could define about God and religion. I’m still on the same religion I was in — but I can hardly agree with its zealots’ way of thinking.

I can’t believe that God would punish all the Americans because Bush Jr. tormented Iraq and Afghan with his military invasion. The likes of Michael Moore are there on the US — against the war, and taunting their President. Are they going to be sacrificed for the sake of ‘punishing US’ ?

I can’t believe that heliocentrism is false (who would?). I would be against fundamentalism in any religion; I would never agree with the hatred to kafir harbi per se — but it doesn’t change the fact that I’m only guessing that it’s what God would agree.

I can only guess.

And what is it to be prideful in that? I can bash people’s puny argument about God and religion. I can laugh at the religious-fundamentalists’ fallacious arguments. It’s also fascinating to have them cornered in the use of their logic, and so on, and so on…

…but, in the end, I don’t know anything.

In the end, I don’t even know if what I believe is true.

 
Perhaps for me, there’s no pride in being agnostic. There are mostly agony and irony at the best of it. Agony, that no matter how you search for it you’d never have your doubt confirmed before late — and irony, that even though you succeeded in debunking so many “knowledges” about God and religion, you still don’t know anything about what you’ve just debunked.

 

 

 

—–

Footnotes:

[1] Nyepi, one of sacred days celebrated by Hindu followers. At this day the followers are secluding themselves from routine activities for the means of contemplation.

Additional Note on Christmas Holiday: by this moment, Indonesian government has given about 3-4 days off during Christmas. Though, this isn’t a fixed number; whereas lunar-based holidays (i.e. Chinese New Year and Islam’s holiday) may override on it. Should it occur, some extending until January 1st may be applied to cover all the holidays.

[2] There are some moderate scholars’ opinions dissenting this, mostly arguing that it is alright to do so as long as the sayer doesn’t acknowledge the other’s faith. Frequently conflicts with Christmas’ celebration, due to Islam’s refusal against Trinity and Christ’s deity in Christendom.

[3] Another name to refer the “Idul Fitri”/”Eid-il Fitri” aforementioned

[4] For example, see [this news (in Indonesian)]. Didn’t get any suitable link in English, though. (o_0)

[5] Syaikh Abdul Aziz bin Baz (1911-1999), former Grand Mufti of Saudi Arabia. Often said as the spiritual leader of Salafy/Wahhabi movement. See the link for details about the heliocentrism affair.

[6] Concerning Vatican’s charge upon Galileo Galilei (1564-1642), arguably the first scientist to propose the idea of heliocentric solar system. You know what’s next. 😉

[7] I.e. can’t be proven objectively, due to humans’ inability to observe the theological realm from this world. See [falsifiability].

Read Full Post »

I.

Hari ini, kutatap isi langit
di tengah Ramadhan ketika purnama tepat di zenith
Sambil tertampar oleh tarikh
Yang baru kukhatamkan kemarin hari

Sembilan ratus tahun setelah Clermont[1], aku melayang–
Dalam hina dan kedukaan yang berulang,
Ketika kusadari makna “iman” pernah hilang
Dalam dua abad lingkupan perang

Ah, iman! Berapa abad pernah terjadi perang
Hanya karena penerjemahanmu yang bersilang?
Ah, iman! Berapa banyak darah telah tumpah
Ketika pemahaman akanmu hilang ditelan ruah
teriakan perang dan semangat perang suci?

Kupikir aku menderita, kupikir aku sedih
Ketika dirayapi duka yang lirih
Akan semangat dua umat terpilih
Yang menyisakan luka perih
hingga senjakala ini

 

II.

Berapa banyak jiwa tumbang demi nama ‘iman’?
Ketika Tentara Salib memasuki kota Tuhan
dan mereka-ulang Pembantaian Yoshua
Di tengah tahun seribu-sembilan-sembilan?

Berapa banyak jiwa tumbang demi nama ‘iman’?
Ketika propaganda jihad meluncur dari Selatan,
dari Mesir, terus menuju Kota Kecintaan
Milik tiga agama yang konon berkaitan?

Ah, aku muak!
Ketika Raymund d’Aguiles berceritera
Bahwa kubang darah kafir di selasar
Sudah mencapai lutut bangsawan-ksatria[2]

Aku muak!
Ketika ‘iman’ meninggikan prasangka busuk
Dan membuat kedua kubu saling mengutuk
Serta saling tumpas hingga tak berbentuk
hingga akhir perang yang katanya suci itu

 

III.

Apa arti kota-kota?
Antiokhia, Dorylaeum, Tirus, Acre
Yerusalem, Hittin, Ramlah, Askalon
Dan lainnya.

Ah, cuma kotak-kotak catur
Untuk bidak yang digerakkan “kuasa Tuhan”
Ketika Salib dan Sabit bentrok dan bertempur
Saat masing-masingnya berseru “atas nama iman!”

 
Apa arti raja-raja?

Dari zaman Imaduddin Zangi hingga Nuruddin,
Terus Shalahuddin sampai Baybars Ruknuddin;
Dari Godfrey menuju Baldwin,
Lantas Richard dan Frederick II,
yang lain daripada yang lain?

Ah, kurasa merekalah yang membentuk sejarah
Yerusalem yang sekarang terbelah
dan jadi topik empuk retorika dakwah

 

IV.

Kata orang, perang menyisakan pahlawan
Dengan kemuliaannya masing-masing
Saat menghancurkan benteng dan mengambil tawanan,
Atau ketika beradu-ksatria dengan pedang berdenting

Tapi aku tahu lebih baik
Pahlawan-pahlawan itu bukanlah
mereka yang tiada kalah
Atau yang merenda sejarah
Dengan tahta dan darah

Kuceritakan padamu soal Saladin,
Yang berbesar hati membiarkan tahanan Kristen pergi
Ke kota Tirus dan Acre
di hari masuknya ia ke Yerusalem[3]

Akan kuceritakan padamu soal Frederick,
Yang bertukar diskusi dan hadiah mewah
dengan Sultan Al-Kamil Malik,
Dan bersahabat baik dengannya hingga lama

Dan, ya, akan kuceritakan juga padamu
Tentang Santo Francis dari Assisi
yang datang ke tenda Sultan seorang diri
Untuk menyampaikan beberapa patah kata diskusi
Lantas dilepas pergi oleh Sultan sendiri:
“Doakanlah agar Tuhan menunjuki saya, agama mana yang dipilih-Nya”
Ketika sekalipun Sultan tak memilih agamanya di akhir hari

Kautanya padaku, hal terbaik pada Perang Suci
Inilah jawabanku:
bahwa di tengah perang terkejam sekalipun,
selalu ada oasis berisi kebaikan kalbu

 

V.

Terlempar sekian abad, aku kembali
ke tengah Ramadhan,
Di mana sang rembulan
Masih setia di zenith azali:

Selepas khatamku pada tarikh
yang menyedihkan dan mengharu-biru.
Tentang makna iman dan jiwa yang lirih,
Ketika mereka terkorbankan di masa yang jauh

 

Sembilan ratus tahun setelah Clermont, aku bersedih
Untuk darah yang tumpah atas nama iman,
dan kota-kota yang dijarah pada saat bersamaan–
Ketika agama seolah melegalkan kegilaan

 

 

–Bandung, 25 September 2007
Ditulis seusai membaca sejarah lengkap Perang Salib

 

 

Footnotes:

[1] Konsili Clermont, entry wikipedia [di sini]. Dianggap sebagai awal berlangsungnya Perang Salib, karena pada kesempatan itulah Paus Urban V pertama kali mencanangkan “Pembebasan Yerusalem dari Kaum Muslim”.

[2] Detail penuturannya bisa ditemukan di [link ini].

[3] Kisah ini pernah saya bahas dalam [post tersendiri].

Read Full Post »

Sebetulnya saya sudah capek membahas masalah yang satu ini, yang juga pernah saya bahas di prekuelnya post yang sedang Anda baca ini. Tapi, baiklah. For the sake of few things, saya akan menyempatkan diri menulis beberapa contoh lagi.

Jadi, ada sebuah pertanyaan besar. Benarkah Islam itu agama yang toleran?

Kalau Anda tanya saya, Islam itu ajaran yang toleran. Saya sendiri seorang muslim sejak lahir, dan percaya bahwa kita harus menghargai sesama manusia, tak peduli agamanya. Saya juga tahu bahwa Rasul, semasa hidupnya, rajin menyuapi seorang Yahudi buta yang menghinanya tanpa sadar. Saya tahu riwayat sahabat Umar bin Khaththab, yang pernah dikalahkan di pengadilan Islam karena melanggar hak seorang dhimmi miskin. Saya juga tahu bahwa Rasul tak pernah berkata kotor, lantas mencaci kepercayaan Kristen, Yahudi, ataupun pagan Quraisy tanpa ampun.

Iya, saya tahu kalau ajaran Islam itu (aslinya) mencontohkan toleransi. Kalau masih kurang, saya bisa menambahkan lagi dari hikayat Perang Salib — tentang Sultan Saladin yang tidak membalas pembantaian oleh Tentara Kristen tahun 1099, tentang Sultan Malik-al-Kamil yang bersahabat dengan Raja Kristen Frederick dari Jerman, tentang (lagi-lagi) Sultan Saladin yang mengirim minuman buah ketika Raja Richard dari Inggris terbaring sakit… dan lain sebagainya. Islam itu ajaran yang toleran, kok. Setidaknya ada banyak contoh yang bagus untuk itu.

Tapiii… ada sebuah tapi, saudara-saudara. 😛

Tapi.

Tapi.

Masih ada masalah. Walaupun memang ajarannya seperti itu, benarkah semangat itu terwariskan ke umat Muslim di masa kini?

Entah kenapa, saya kok kurang yakin ya. Ketika…

 

  • …tetangga Kristen kita sudah ramah pada kita yang muslim saat Lebaran — sementara, waktu Natal, tak sedikit pun kita peduli?
  • …ada pihak Kristen yang melakukan bakti sosial di daerah bencana, dan kita langsung menuduh mereka “melakukan Kristenisasi”?

  • …banyak aktivis dakwah suka berteriak “Semua Yahudi laknatulah!” sambil melupakan mbak Corrie, Pak Shapiro, dan 16 pilot tempur Israel yang ogah terbang di langit Palestina?
  • …ada sekelompok orang yang hobi mem-bid’ah-kan, mengkafirkan, dan menyesat-nyesatkan pihak lain, padahal ‘lawan’-nya itu masih muslim dan bersyahadat?
  • …beberapa orang yang (konon) muslim justru lebih suka merusak, daripada melakukan dakwah yang persuasif?
  • …agama ini dianggap membolehkan tindakan semacamnya bom Bali dan kawan-kawannya? (ya, saya tahu bahwa mungkin saja Amrozi dkk itu binaan CIA — tapi mereka kan menampilkan diri sebagai fundamentalis muslim)
  • sebuah pemerintah daerah non-syariat menyediakan denda, untuk warga (baik muslim maupun non-muslim) yang berani berjualan makanan di tengah hari bulan Ramadhan?
  • …beberapa dari umat ini suka mengkotak-kotakkan dan pukul rata umat di luar jamaahnya?
  • OK, saya sih berani bilang bahwa agama Islam itu mengajarkan (dan menganjurkan) toleransi antar-dan-intern umat beragama. Tapi, perilaku umatnya? Itu sih urusan lain lagi.

    Lama-lama saya patah arang juga sama umat yang satu ini. 😎

     

     

    Ps:

    BTW, kalau ada yang bertanya-tanya, saya siap mempertanggungjawabkan isi tulisan ini di Yaumil Akhir kelak :mrgreen: . Saya sih cuma mengungkapkan fakta saja di sini; silakan cek berbagai link-nya untuk cerita lebih lanjut. 😉

    PPs:

    Kelihatannya post ini semakin menguatkan tesisnya Geddoe soal jumlah post terkait agama di blogosphere. Apapun lah. (~_@)”\

    Read Full Post »

    [satire mode = on]

    Ha, ada keadaan gawat. Darurat. Betul-betul kacau, saudara-saudara.

    Jadi, ceritanya, kampus saya yang berlokasi di Jalan Ganesa 10 mendadak tertutup. Tidak ada mahasiswa yang bisa masuk kampus. Bahkan, para mahasiswa yang sedianya melakukan ujian hari ini pun terpaksa digusur.

    Saya sendiri baru tahu ketika menjejakkan kaki di gerbang kampus. Glek, apa yang terjadi? Gerbang dipenuhi polisi. Tentu saja para polisi ini bukannya hadir untuk mengatur lalu lintas di sekitar Tamansari-Ganesa, yang sering padat di hari libur — soalnya mereka sendiri kelihatannya hanya berjaga saja di depan kampus.

    Jelas ini keadaan besar!! Satu peleton polisi!! Berjaga di depan kampus!!

    Tunggu. Mungkin ada aktivis terorisme yang terjebak di dalam. Konon katanya, sterilisasi lingkungan kampus ini sudah berlangsung sejak pukul tujuh pagi; jadi mungkin saja si gembong teroris sudah lemas dan kelaparan. Harusnya para polisi itu bisa meringkus mereka hampir tanpa masalah, dan kampus bisa dibuka kembali sebentar lagi.

    Oh, bisa juga ada senjata pemusnah massal! Jangan-jangan ada tuduhan makar dari penguasa — boleh jadi sekarang kampus kami dituduh mengembangkan senjata biologis. Wah, gawat ini…. 😕

    Jadi, setelah menimbang berbagai kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, saya membayangkan bahwa masa depan kampus kami sedang terancam:

    Bayangkan, kampus kami ditutup!!

    Riset bakal terbengkalai!!

    Dosen bakal merana!!

    Dan, yang paling parah: tiada lagi akses internet murah dari kampus!!! \(~o~)/

    Wah, ini tidak bisa dibiarkan. Harus diluruskan, ini…

    ***

    Maka, saya pun menghubungi seorang rekan via telepon. Kabar yang saya dapat lebih menyesakkan:


    “Ujian jurusan gw digusur… kita harus ujian di luar ruangan nih. Gelaran tiker gitu…”

    “Serah terima jabatan Presiden KM nggak bisa berlangsung. Ditunda senin. Kuorum nggak bakal terpenuhi.”

    “Acara bedah buku terpaksa dipindah ke Sabuga. Padahal pengumumannya udah jauh-jauh hari, mau dilaksanain di Campus Center.”

    “Btw, lo tau kan siapa aja yang jadi pembicara bedah buku? Pak Amien sama Kang Jalal gitu lho. Digusur!

    Glek, apa yang terjadi? Kampus ditutup, dan mahasiswa nggak boleh masuk. Ujian terpaksa di alam terbuka. Dan acara bedah buku yang direncanakan jauh-jauh hari pun dipindah lokasinya!! Padahal, kalau dilihat dari pembicaranya, masa sih acara kayak gitu nggak direstuin kampus??

    Huah, ini pasti ada yang salah. Keadaan gawat!! Sampai KM, dosen, dan bahkan acara bedah buku sampai harus kalah.

    Benarkah gawat? Ha, pertanyaan macam apa itu. Kalau acara2 seperti di atas sampai harus dikesampingkan, dan digantikan oleh satu peleton (atau kompi?) polisi yang berjaga di depan dan sekitar kampus, itu pasti keadaan gawat. Tambah lagi internet hotspot tidak bisa diakses!!!

    Ini gawat!! Coba, peristiwa apa lagi yang bisa membuat kejadian di atas tidak terlihat gawat?

    Apa?

    Apa?

    Apa?

    Tidak ada kan?

    Nah. Untungnya, post-effect dari peristiwa ini tidak sebegitu besarnya. Sekitar pukul 15.30, sepasukan polisi tersebut akhirnya pergi, dan kampus pun kembali terbuka untuk umum. Semua lega, dan saya senang — karena akhirnya dapat akses internet lagi buat bikin tulisan blog ini.

    Tunggu sebentar. Apa sih yang bisa membuat kekacauan dan kesedihan begitu rupa bagi kami, para warga kampus yang baik hati, nrimo, dan berdemo pun dengan sopan memprotes kekacauan ini ?

    Ini:


    (Foto diambil oleh Rifu)

    .

    Oooh, Pak JK lagi berkunjung toh. Pantesan aja… kirain apa. 😀

    Saya kira tadinya ada pembunuh berantai atau teroris berkeliaran, ternyata keadaannya nggak separah itu. Fyuuuh…

    *mengusap keringat*

    Btw, kuliah umumnya Pak Wapres lebih penting toh — daripada UTS-nya anak jurusan mikrobiologi, serah-terima jabatan presiden KM, dan bedah buku yang menghadirkan dua tokoh nasional. Baru tahu saya… ^^;;

    *manggut-manggut, tangan di dagu tanda berpikir*

    .

    ~~~~~

    Ps:

    [satire mode = off]

    Sekian, reportase pandangan mata dari Jalan Ganesa 10. Dari Bandung, Sora-kun melaporkan. 😛

    Read Full Post »

    « Newer Posts